Di Persimpangan

 

autumn
Langit pekat. Dan gemintang tak terlihat. Cukup sunyi dan kian menyenyap di kala tak sedikitpun terdengar bebunyi jangkrik ataupun para ngengat. Dan, hatimu…, adakah ia masih meriuh-menggelombang bersama langkah yang mungkin goyang?

Di persimpangan, apakah hatimu yang bimbang, ataukah kakimu yang mulai keliru menapakkan perjalanan?

Sejatinya jiwa kita memang selalu membutuhkan harapan. Atas berbagai hal yang ideal. Atau mimpi yang begitu indah untuk diwujudkan. Atau, cita-cita yang sangat tinggi untuk digapai. Atau pula, keinginan sederhana yang dimulai dari langkah-langkah kecil, ringan, namun menjadi landasan yang kokoh untuk kehidupan.

Jika kini, telah tersadar bahwa pandangmu selalu dan pasti mutlak berbataskan cakrawala, maka apalagi yang sepatutnya engkau usahakan untuk melampauinya? Apa yang sesungguhnya jiwamu butuhkan untuk ia hadir di sini, membersamai?
Jiwa kita yang kerdil tidak pernah puas. Dan memberinya makanan lain hanya akan merusaknya. Pasti. Meski perlahan.

Cepat atau lambat kaki kecilmu akan melangkah. Terus berjalan. Tapi jalan mana yang kaususuri, sudahkah kaupastikan? Melakukan hal benar mungkin masih saja membukakan kesalahan, terlebih, melakukan hal yang tak dapat dibenarkan. Sudahkah, sudahkah, setitik cahaya di dalam hatimu kaubiarkan memekar berpendaran?

Di persimpangan, cahayamu tentu saja tertiup angin. Terlempar badai. Tertutup debu dan pasir. Tapi sejauh mana jemarimu menggenggamnya kokoh, akan membuat ia bertahan, hanya jika engkau ingin. Sudahkah, sudahkah, engkau ijinkan pijarnya menyala merah, ataukah belenggu jiwamu membuatmu menyerah dan terkapar kalah?

Di persimpangan, hatimu akan terus bertanya. Dan kakimu akan berjalan. Untuk keabadian. Untuk perjumpaan. Entah keselamatan. Atau keburukan.

 

Rabu 2.08.2016

“Bukan ia-nya yang salah. Hanya, pastikan saja tak mendurhakai-Nya saat kelopaknya merekah.”

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s