Rhum Menyebbballlkkkann…

Bismillah.

Beberapa hari lalu mamah bikin kueh pie buah. Sounds nyammy, ya? Iya, emang enak kok. Aku udah pernah nyicipin buatan orang soalnya.

Ceritanya di rumah lagi ada mas Q yang emang sering dimintain bantuan buat nyupirin bapak kalau berobat. Kebetulan beliau lumayan bisa masak juga, karena dulu waktu mamanya masih ada (sekarang udah meninggal), sering bantuin catering gitu.

Kemudian bikin kueh pie-lah si Mamah dan Mas Q berdua.
Aku gak bantu banyak, cuma nimbrung-nimbrung dikit di awal-awal. Pas baca resep dari balik label susu kental gitu, aku liat ada bahan rhum di ingredients kue pie-nya. Tapi aku belum ada feeling apa-apa. kupikir mamah juga gak akan pake itu rhum…

Begitu si pie udah jadi…
“Wahhh… sepertinya enak!”.
Aku membayangkan bakal makan pie itu pas buka puasa. Bayangkan ya, ada lapisan keringnya selebar 30 cm-an, trus dilapisin vla, udah gitu dilapis lagi sama buah kalengan, dan dituangin agar-agar bening di atasnya. Hmmm….

Pas udah buka puasa, aku ngeliat sisa vla-nya nggeletak di meja makan.
Aku icipinlah itu vla…
Colek dikit dan…

ASTAGA!!!

Ini pake rhum ya?” ujarku sambil menahan adonan itu di mulut dan segera memuntahkannya.
Aroma rhum begitu mudah dikenali.
Iya…” Mas Q berkata tanpa ekspresi.
”Kok bisa sih… rhum kan haram, kandungan alkoholnya tinggi banget!”
”Oiya ya Mbak??” Mas Q berujar tanpa ekspresi lagi.
”Duhh… terus pie yang tadi dimasak pake rhum juga donk?!?”
”Iya.. itu kan vla sisa yang udah ditaro ke pie-nya…”
Astaghfirullah….

Antara kesal, marah dan sedih, aku tanya ke Padil.
Dan Padil bilang, ”Iya, rhum kan khamr. Jadinya haram. Yang kayak gitu kan gak pake kompromi lagi, Ndra…”

Jawaban Padil bikin aku tambah shock.
Gimana nih ya Allah? 😥

“Gak mungkin dibuang, Padil. Mamaku pasti akan marah…”
Gak bisa dikasih ke tetangga yang nonmuslim aja ya Ndra?”
”Gimana ya… mau gak ya mamaku… kalau gak mau gimana…”

Panik, aku termenung-menung di kamar sambil sedikit-sedikit mulai berkaca-kaca.
Terbayang kelalaianku gak bisa menjaga keluarga dari api neraka…
Terbayang surat At Tahrim ayat 9 lagi…
Yaa ayyuhalladziina aamanu, kuu anfusakum wa ahlikum naaro…
Wahai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka..”

Ya Allah, gimana nih… 😥

Apa aku buang aja diem-diem ya, Padil… Harusnya kalau mau berjuang sampai titik darah penghabisan kan harus berani ambil resiko apapun… daripada susah di akhirat… Tapi…blablabla…”
Maaf ya, Ndra, gak bisa bantu. Harusnya sih emang begitu. Tapi aku gak berani ngomong karena belum tentu bisa kalau ada di posisi kamu. Sabar ya…”
”Ya udah, aku coba ngomong sama mamah dulu…”
”Maaf ya Ndra, aq gak bisa bantu apa-apa selain bilang sabar… km berdoa aja ya, aq jg ikut berdoa dari sini :)”

Akhirnya aku keluar kamar.
”Mah… rhum itu bla..bla..bla…”
”Ya kan kita gak tau… ya udah besok-besok gak usah pake lagi…” ujar Mamah.
Dadaku semakin sesak.
”Ya tapi kan sekarang udah tau, jadi gak usah dimakan…”.
Tau dari mana lo dek…” ejek Mas-ku.
Gua udah baca di internet… Kata temen gua juga itu khamr gitu…”
”Kasih Bu Tobing aja… atau dijual deh…” usulku menyebut nama tetangga yang nonmuslim.
”Ya udah ntar dibuang aja vla-nya.. sisanya kan masih bisa dimakan…” kata Mamah.
”Hmhh…”

Aku masuk kamar lagi dan sms si Padil lagi.
”Aku udah bilang mamah. Katanya vla-nya mau dibuang aja. Bla..bla..bla… Harusnya aku bersyukur ya Padil, masih banyak yang ujiannya lebih berat daripada aku. Allah pasti tolong aku kalau aku berusaha!”
”ya udah, mudah-mudahan sisa vla-nya gak ada lagi. Bla..bla..bla.. Met berjuang ya, Ndra :-)”

Aku konsentrasi tarawih setelah itu. Sedikit kelegaan menjalar. Harus berjuang, Indra!
Allahumma… mampukan aku menjaga diri dan keluargaku dari api neraka-Mu…” doaku khusyuk.

Begitu selesai sholat, aku keluar kamar lagi mau ambil minum.
Tapi begitu buka kamar…

”Lho kok pie-nya dimakan???????????”
”Enak tau, Dek…” mas-ku berkata sambil menikmati pie buatan mamah di tangannya.
Ya udahlah… udah dimasak nih…” imbuh Mamah. Mamah juga udah makan!!!
”Lagian kamu ngelarang-larang cuma denger kata temen doank…” Mamah menambahkan.
”Orang udah baca di internet!!”
“Mana sini gua liat donk, lo ngomong doank… Print sini…” Mas-ku berkata seenaknya.
Pokoknya gua udah kasih tau lho ya… tanggung jawab sendiri!” aku bersungut-sungut kesal.

Lalu masuk kamar lagi dan bersujud sama Allah…
Maafin ya Allah… udah lalai kali ini… hik hiks… ga bisa mencegah… ampuni keluargaku ya Allah…”

Setengah desperate aku meng-sms Padil lagi.
Padil, mamah boong… katanya vla-nya mau dibuang… tapi taunya mereka lagi makan sekarang… huhuhu….”
”Yaudah, berusaha juga udah diitung amal kok…”

Tapi tetap aja aku sedikit down.
Kalau aja aku ingetin dari awal pas udah baca susunan bahan pembuat pie-nya…
Kalau aja aku bisa tega ngebuang itu pie tanpa takut dimarahin mamah…
Kalau aja aku menomorsatukan keridhoan Allah tanpa perhitungkan murka manusia…
Tetep aja usahanya belum optimal…
Sama sekali gak optimal…

Huhuuu…
Gagal ngeda’wahin keluarga lagiii….
Dari dulu paling susah yang namanya ngebilangin keluarga…
Paling-paliiiingggg!
Huhuuuhuuu… 😥

Dasar rhum menyeballkaaaaaaaaaaaan….!!!!!!


~tragediRomadhon…Hiks Wed, 27.09.07, 00:44 wib.

info lengkap ttg haramnya rum dalam makanan, bisa di-cek disini: http://www.halalguide.info/content/view/29/34/

gbr diambil dari http://www.schools.pinellas.k12.fl.us/gallery/cartoon/Page0004.html

Advertisements

One thought on “Rhum Menyebbballlkkkann…

  1. dikantor barusan ada yg bawa puding cokelat..ga taunya ada nyeletuk.. eh, ini pakai “rhum” ya? karena sy ga begitu tau jadinya itu puding sy makan sambil mikir2 apaan ya “rhum”, trus pas sy cek di internet “rhum” katanya ada alkoholnya.. sedihnya.. 😥 kalo ga tau hukumnya gmn?haramkah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s