Jalan-jalan : Ke Kampus

Bismillah.

Hari ini main ke kampus, euy. Janjian sama temen.
Cape banget sebelumnya abis dari wawancara sama asuransi gitu di Cikini, ditawarin jadi agennya. Aku tolak baik-baik karena aku sedang menghandle project dari kakak tingkatku, dan rencananya minimal 1 tahun ke depan masih di tempat kerja yang sekarang juga. Jadi yah…
“Maaf banget ya, Mbak, gak bisa bantu sekarang…”

Begitu menjejakkan kaki di stasiun UI, berasa banget lelahnya. Ngantuk.
Tapi ya berusaha menikmati aja. Ya mau dipegimanain lagi coba…

Sampai halte stasiun, ngeliat baliho segede-gede gaban (iya, kalo kecil namanya leaflet…).
“Diskusi Politik, Bedah Buku… blablabla… BEM UI”
“Kita kehilangan intelektualitas! Bla..bla..bla… KSM UI”
“Ifthor akbar… taujih… blablabla… SALAM UI…”

Sumpah kangen banget ikutan berdinamika bareng temen-temen organisasi!!!

Masih kebayang nyeselnya gak sempet ikutan di UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Pers mahasiswa (ampe dipertanyakan gitu sama Purwocoroko, dikirain kurang kerjaan… -_-‘ Ngaku lo, Wo…).
Sempet ngiri banget sama temen-temen di Kelompok Studi Mahasiswa Eka Prasetya yang
bergerak di bidang studi ilmiah dan diskusi2, karena anggota2nya produktif banget discuss dan nulis ini-itu di kolom-kolom koran atau majalah ibukota.
Pun ingetttt… banget waktu “dilarang” sama Pan-pan untuk ikutan di SALAM karena dia mengkhawatirkan aku gak optimal dengan amanah2 yang udah ada. Jadilah semasa di kampus aku gak pernah berkecimpung di LDK (Lembaga Da’wah Kampus) bernama SALAM (Nuansa Islam) itu.

Tapi bersyukur juga lah, pernah nyicipin yang namanya BEM UI.
Dan sekarang mereka (organisasi2 kemahasiswaan itu –red) makin hidup…
Alhamdulillah…

Setelah itu menyusuri path menuju kampus psikologiku tercintah…
Selalu deh, waktu dulu berangkat kuliah pagi-pagi, aku begitu menikmati berjalan di tengah hutan kecil yang rimbun itu (dulu masih rimbun, sekarang dah pada dibabatin jadi parkiran! Huh!).

Dan aku selalu memandang langit biru ditingkahi cicit burung yang bersahutan, membaui aroma rumput yang basah, udara yang lembab, dan tentu saja sambil menghirup nafas kuat-kuat, menahannya di paru-paru sambil memejamkan mata, dan…
Fiuuuhh…. menghempaskannya lagi dengan penuh kelembutan.
Nikmatnya Ya Allah…
Terus tadi siang mengulang adegan yang sama deh.
Masih kerasa nikmat, walau bau rumputnya gak terlalu segar, suara burungnya gak ada, dan udara agak-agak panas…

When I walked along way side of the trees,
Stand below the shadow of leaves
When I breath fresh air, oh my Lord!
No I don’t ever want to lose it…
How great Our Lord creates it
Word willl never can describe it…
(He) Gives us the wonderful life…
…We could cherish beautiful sight
That’s evidence balance of life
The journal of green kingdom”

(Green Kingdom – Gradasi)

Sampai di parkiran psiko…
“Mbak… Mbak…”
Seorang perempuan berjilbab agak lebar berusia 30-35an tahunan mencegatku.

“Ya?” aku membalikkan badan.
“Mbak kuliah disini?”
“Ngg… iya,”
“Duh ukhti… saya abis janjian sama temen saya di Mipa, tapi tadi dia keburu pulang. Trus saya tadi kecopetan di kereta. Ukhti bisa bantu saya gak… entar duitnya saya ganti, transfer atau gimanalah..”
Aku berpikir.
“Emang butuh ongkosnya berapa, mbak?”
“Dua puluh empat ribu…”
“Sebentar…”
“Duh saya dari tadi nyari akhwat mana yang bisa saya mintain tolong….”
“Saya gak ada pecahan nih…ada juga empat ribu. Satu-satunya duit tinggal 50 ribu di dompet…” ujarku.
“Tukerin aja dulu Mbak… gimana?”
“Ngg… ya udah deh. Ke kantin aja yuk…” ajakku kemudian.

Sepanjang perjalanan ke kantin…
“Emang tinggalnya dimana, Mbak?” tanyaku.
Di bogor. Tinggal sih aslinya di Tangerang. Tapi ini mau balik ke Bogor dulu. Kirain Ukhti masih kuliah… mukanya masih kaya anak SMA gitu sih… hehe….”
Aku
mengeryitkan kening. “He?!”.
“Iya. Udah kerja ya ternyata? Kirain saya baru masuk jadi mahasiswa… belum nikah dong ya… mau gak nih, banyak…”
Glek. Aku menelan ludah.
“Oh, enggak… makasih… lagi istikhoroh aja…” aku meringis.
Isu itu lagi… tape deh.

Begitu uang sudah ditukar…
Mbak… blablabla…”
“Oh… blablabla…”
“xxx…”
“yyy…”
…assalaamu’alaykum…”
Oke… hati-hati Mbak…alww…”

Aku menghela nafas sambil memperhatikan sosoknya pergi.
Gak ada bad feeling. Tapi gak ada salahnya juga waspada.
Tapi masa sih, bulan romadhon gini masih nipu juga…
Gak ada tampang penipu juga deh, Ndra… jilbab rapi kok.
Tapi kan namanya gaya bisa aja.
Pasalnya beberapa kali juga nemu ibu-ibu yang berjilbab lebar berperilaku mirip-mirip gitu juga kan…

Hatiku gaduh bertentangan satu sama lain.
Diem deh. Udah, husnuzhon aja!” omelku pada diri sendiri.
Mending mengalihkan perhatian pada sekeliling kampus.
Eh ada Qiwqiw…!

“Qiwqiw!” panggilku.
Eh ada Mbak Indra… apa kabarrr….” Qiwqiw, adik angkatanku yang beda 2 tahun, menyodorkan tangannya untuk kujabat. Plus, pipi untuk cipika-cipiki.
Baik2…. gimana nih, udah dapet keponakan belum diriku…” tanyaku tak sabar. Qiwqiw baru aja nikah beberapa bulan lalu soalnya.
“Doain aja ya Mbak…”
“Ha? Serius… udah berapa bulan?”
“3 bulan nihh…”
Waahhh… Skripsi gimana?
Iya nih, ulang lagi dari awal…”
“Kok? Pembimbingnya siapa?”
“Bu ini…”
“Ohh… semangat deh ya!”
Iya, makasih mbak…”

Aku berpisah karena Qiwqiw mau sholat di mushola gedung E, sementara aku menuju gedung H yang musholanya menurutku lebih nyaman.

Gak lama…

Ndra!
Ver, rekanku di kantor yang juga masih kuliah profesi psikolog, memanggil.

Oiyy Ver…”
“Ketemu Fa gak di kantor?”
“Hah? Gw udah lama gak ke kantor neh… heheh…” aku nyengir lebar.
“Wah parah bener lo… Katanya mau buka puasa bareng?”
“Yuuuk! Si Fa ngajakin di Bakso Sehat itu… yang ada kejunya…”
“Ohh.. boleh2…”
“Rame2 ya, sama Hans, anak-anak yang laen juga…atur aja waktunya…”
Sip… daghhh…”
“dagh.”

Melangkah beberapa meter dan berhenti di depan mading MPM (Majelis Permusyawaratan Mahasiswa).
Masih idup nih! Alhamdulillah…
Maklum, kebayang waktu dulu juga jadi anggota BPM (Badan Perwakilan Mahasiswa, sekarang ganti jadi MPM), yang… hidup ngos-ngosan, matipun jangan.
Hehe. Yuks, k
ita liat motto anggota-anggotanya…

kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas.” Ini punya ketuanya.
Sip… sip.
Sekarang giliran wakilnya.
Katakan hitam adalah hitam. Katakan putih bukanlah hitam!!!”

Brr…
Merinding. Tiba-tiba merasakan sesuatu berdesir.
Idealisme. Aku : masihkah?
AH namanya. Ex-kader sospol BEM jaman aku.
Pantes mantabh gitu mottonya.
Bagus… semoga bisa membuat perbaikan ya, semuanya.

Aku menatap satu-persatu personel MPM di mading itu dengan antusias.
Semangat yang tak pernah aku temukan lagi di tempat manapun selain kampus.
Gairah yang meluap-luap, dan selalu dapat memilih banyak tempat.
Sementara, sekarang… aku???

“Mbak Indraaaa….”

Dew. 2005.
“Heiii… pa kabar…”
Biasa deh. Salim-salim sambil cipika-cipiki lagi.
“Mbak lagi ngapain?”
“Main-main aja nih…”
“blablabla…”
“bliblibli…”

Jalan lagi. Berenti lagi. Mampir liat pengumuman-pengumuman.
Daurah awal fakultas, lomba foto model (aih…), pelatihan ini-itu
, poster tokoh-tokoh psiko, bazaar buku… dst.
Kampus, kampus… apa aja yang kita mau, semuanya ada!

Lalu sholat di gedung H, dan menunggu jam 2 tiba.
Pas wudhu ketemu sama Palupi dan Yayang, masih dengan gaya sok coolnya.
“yah, si Indra…”
Palupiii… Yayangg… Eh pa kabar lo bo’…”
“Baek. Ngapain lo kesini…”
“Maen-maen… blabla… gimana kulnya? Duh, ngirii…”
Palupi dan Yayang masih kul s2 profesi psikologi klinis dewasa. Ugh, mupeng berat!

Kenapa gak taun ini aja daftarnya, Ndra?”
Belum ade biayenyeeee, Yayaanggg…”
Daripada taun depan, makin mahal lho…”
Ho-oh, Ndra…” Palupi menimpali.
“doain aja ya..”
“amin amiin..”

Di mushola ketemu lagi sama adek-adek, saliman lagi, cipika-cipiki, cerita ini-itu…
Eh ketemu si Tike juga!

“Indraaa….! Kangennnn….”
“Tika cintakuuuwh…. kangen juga….!!!”

Hah… Udah profesi aja tu anak.
Gile bener… temen-temen gue satu-persatu dah pada nerusin profesi psikolog!
Trus aku kapan dunk… mahal pisan soalnya. SPP aja sekarang 9 juta! 😥

“Kapan ni walimahan…” Tike menggoda.
Haiyyah… Doain aja ya. Kamu kapan?”
“Akan ada waktu yang tepat buat kita. Ya kan?” masih dengan gaya filosofisnya, Tike berkata. Dan aku menjawab mantap. “Yappp!”

Kami melepas rindu bercerita banyak hal. LSM, kerja sosial, kul di luar negeri…
Walau cuma 20 menitan, lumayan juga. Udah lama banget gak ketemu soalnya…

Jam 2, jalan lagi.
Sempat melihat gedung FH dari atas ketinggian lantai 2, melirik gedung rektorat yang menjulang dan tentu saja kepikiran danau masjid UI.
Pengen banget kesana, menikmati pemandangan danau yang adem, angin yang semilir, pas banget buat merenung sambil denger musik atau murottal. Lagi pingin afirmasi dreams lagi nih, abis baca buku Quantum Ikhlash…
Oya, dulu aku dan Tike sering banget nongkrong disana. Beautiful momentlah…
tapi skarang kayanya gak sempet deh (Do u know… danau masjid UI diakui banyak orang sebagai tempat nongkrong yang pewe (plg wenak –red) banget lho…).
Yah, kapan-kapan lagi ya, say... Aku berujar pada diriku sendiri.

Mampir ke toilet bentar, dan…

“Mbak Indraaaaa…”
Dahl, adek kelas lagi.
“Uhh..mbak indra apa kabar… katanya mau piknikk…”
“yee.. dari dulu kan terserah kalian maunya kapan. Pada sibuk sih…”
ya udah bikin aja rame-rame… khusus ‘sobat2’…” ujarku.
Eh, mbak, kemarin waktu ‘Bapak’ sama Mbak Nir wisuda kita poto2 lho… udah kaya keluarga gitu sama anak-anaknya.. hahaha…”
“Haha… ada-ada aja…”
“blabla..”
“blibli..”
muah…muah… daaagghh…”.

Turunlah aku menuju fakultas tetangga, ada janji sama teman.
Teteup, di lantai dasar ketemu lagi sama adek kelas, saliman lagi, cipik-cipik lagi, dst.
Yahhh…. nasib punya banyak fans emang gini kali ye…
Kqkqkq… ^_^

Aku melangkah keluar selanjutnya.
Ke fakultas sebelah, ketemuan sama temenku, lalu beranjak pulang.

Masih sempat pula melihat danau UI-wood yang damai dari atas bus kuning, teringat beberapa waktu silam berkumpul disana beberapa kali untuk sama-sama mendengar nasihat dari seorang teman, bersiap diri demi rentetan agenda yang selalu tak pernah padam…
Berjalan sambil bersyukur diam-diam karena masih bisa menengok berjuta kenangan…

Kampus...
Tempat yang akan selalu kurindukan.
Idealismenya…
Heroismenya…
Semangatnya…
Hutannya…
Danaunya…
Semilir anginnya…
Kuliahannya…
Lelah-lelahnya…
Seneng-senengnya…
Dinamikanya…
Semuanya.

Perlahan tapi pasti kakiku menjauh.
Baik-baik kulipat segala ingatan.
Pulang, dan menyimpan memorinya di salah satu sudut hati terdalam.

…that after we’re gone…
Spirit carries on…”

(Spirit Carries On – Dream Theathre)

Friday,28.09.07; 22:02 wib.
~kangenKangenKangen…

gbr dari http://www.psikologi.ui.ac.id/index.php,
http://dennyjuzaili.wordpress.com/2007/06/16/kenapa-nggak-ada-keringanan-pak-rektor/,

http://web.uvic.ca/hrd/indonesian/unit12/univ1r.htm

Advertisements

5 thoughts on “Jalan-jalan : Ke Kampus

  1. GR amat lu wo…baru juga disebut sekali 😛iya kan waktu diceritain sm Imam FKM waktu aku pengen gabung ke tetangga sebelahnya KSM persis, komen lo emang ky gitu… gw aja masih ingett..

  2. explained the majority of people reimburse your funds on time and additionally devoid of effects
    A top debts charitable trust wants how many people today turning to all of them for aid over payday loans credit card bills to help two times this particular. consumer debt nonprofit charities affirms close to purchase this quick, increased fascination lending products this coming year. The nonprofit says three years gone by may be clients with them appeared to be insignificant.
    szybka pożyczka
    kredyty pozabankowe rybnik
    chwilówki rypin
    kredyty chwilówki grochowska 332
    kredyty na dowód bez zaświadczeń o zarobkach

    http://kredyty-bez-bik.org.pl
    http://pozyczki-prwatne.net.pl
    http://pozyczki-prwatne.com.pl

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s