Terima Kasih…*


Alhamdulillaahirobbil ‘aalamiin…

Sujud syukur dan puja-puji hanyalah layak tercurah kepada Allah SWT, Sang Penggenggam Segala Urusan. Sungguh tiada kekuatan selain berasal dari-Nya semata.
Pun dalam pengerjaan skripsi ini, sebuah pembelajaran akademik yang luar biasa, cukuplah Ia sebagai satu-satunya tempat memohon pertolongan.
Terima kasih Ya Allah, untuk segala yang telah Kau berikan selama ini. Betapa pengerjaan skripsi ini banyak memberikan insight kepada penulis tentang arti kebergantungan pada-Nya semata. Sungguh, hanya Dia-lah sebaik-baik tempat meminta dan berharap.
Sholawat dan salam tak lupa penulis haturkan kepada Rasulullah SAW, manusia mulia dengan segala keteladanan yang ada padanya; juga kepada sahabat dan orang-orang beriman hingga akhir jaman.

Tema skripsi ini terlintas tiba-tiba ditengah maraknya pembahasan RUU Antipornografi dan Pornoaksi. Ketika banyak orang memperdebatkan bla…bla…bla… dst.

Terima kasih sebesar-besarnya penulis ucapkan kepada Drs. Gagan Hartana, M.Psi, atas bimbingannya selama pengerjaan skripsi ini. Maaf ya Pak jika saya suka lambat menangkap maksud Bapak, kadang menghilang dalam waktu yang tak sebentar, ataupun tidak nyambung dengan penjelasan Bapak. Terima kasih untuk diskusi-diskusi ‘out of topic’-nya yang menyenangkan dan begitu bermanfaat. Mohon maaf juga kalau selama ini saya sudah merepotkan dan mengganggu hari-hari sibuk Bapak. Sungguh hanya Allah yang mampu membalas kebaikan yang sudah Bapak lakukan.

Terima kasih pula kepada Airin Y. Saleh, M.Psi, sebagai pembimbing skripsi kedua saya di ujian pertama. Semoga Mbak sukses selalu. Maaf kalau saya suka mendadak menemui Mbak dan banyak salah.

Untuk Dra. Evita E. Singgih, M.Si, yang sudah menjadi pembimbing akademik selama saya kuliah, terima kasih banyak. Semoga kelulusan saya yang tidak tepat waktu ini menjadi kelegaan tersendiri bagi Ibu 🙂

Untuk Dra. Fivi Nurwiyanti, M.Si serta Dra. E. Kristi Poerwandari, M.Hum, terima kasih atas diskusi dan saran yang mencerahkan. Kapan-kapan mungkin saya akan meneliti tentang tahajud dan kesehatan psikologis, seperti yang kita diskusikan waktu itu.

Terima kasih pula kepada Dra. Julia Suleeman dan Dra. Erniza sebagai penguji di sidang pertama; saya sangat terharu dengan dukungan yang Mba-Mba berikan.

Tak lupa pula, terima kasih kepada Drs. M. Ramdhan, M.Si dan Drs. Zainoel B.Biran sebagai penguji di sidang kedua. Khusus untuk Pak Zainoel, terima kasih atas bimbingan dan konsultasi skripsi secara informal dari Bapak, juga pengetahuan dan wawasan yang sudah di-share.
Hanya Allah saja yang maha mampu membalas dengan lebih baik untuk segala kebaikan Bapak dan Ibu semuanya.

Terima kasih tak terhingga juga penulis haturkan kepada Mamah, Mamah, Mamah, kemudian Bapak, Mas Iqa dan Sina di rumah. Terbayar sudah segala jerih payah selama ini. Semoga ini bisa menjadi persembahan berarti bagi kalian. Semoga kalian ridho atas semua yang aku lakukan selama ini. Dan semoga Allah melindungi keluarga kita senantiasa.

Buat saudara-saudaraku tersayang di Psikologi : Anik, Winna, Tika, Yumna, Pandu, K’ Dany, Nuyi dan Mira ‘MMS’, terima kasih banyak untuk pembelajaran dan penemanannya.

Untuk Alga, ‘preman’ yang konkret abis dan bersedia di-sms mendadak untuk membantu mengolah data, ‘afwan dan jazaakalloh, akhi. Walau berbeda, semoga ukhuwah kita tetap terjaga.

Untuk mujahid/ah yang tak kenal henti memperbaiki diri dan umat, Nirta, Dian, Ika, Raka, Ivan ‘Ikyuvan’ Ahda, Restu, Fia, Gugun, Kiki, Dina, Mira Cimot, Emma, Dahlia, dan sobat-sobatuna lainnya, teruslah bergerak karena diam itu mematikan. Tetap semangat!!!

Terima kasih juga untuk teman-teman psikologi angkatan 2001. Keep in touch ya, guys!

Untuk Iif Mipa’02 dan Fabian yang sudah bersedia diganggu untuk mengajarkan SPSS, thanks a lot.

Untuk BPH BEM UI 2005-2006 “Sinergis & Berkontribusi” dan para BEM-ersnya, terima kasih banyak sudah memberikan contoh konkret tentang arti pengorbanan dan keikhlasan.

Buat staf keuanganku yang banyak membantu 1 tahun amanah di BEM, Fajar Gembul dan Anis ‘Bunnies’, rasanya tak cukup hanya dengan terima kasih. Kapan kita ke Taman Safari? 🙂

Buat orang-orang hebat di Cetogegana0506, jazaakumulloh khoiron untuk hari-hari yang penuh dinamika di akhir masa-masa kuliah.

Untuk Almh. Iis ‘Ucrit’ Nur ‘Aisyah, atas spiritnya yang terus menyertai, semoga ridho Allah tetap atasmu. Yusuf, Purwo dan Mr. Biggy Azman, yuk cepat lulus.
Adief, Fathur, Herika, Angga, Rubby, Victa, Oche, Nuy dan Anis ‘Bunnies’… plus Parlan, Perdana dan Ulfah, jazaakumulloh untuk airmata, tawa, canda serta pembelajarannya selama ini. Aku pasti akan merindukan kalian. Mohon maaf kalau banyak kelalaian dan kezhaliman selama kita bersama.

Terima kasih banyak juga untuk Oskar atas pinjaman laptopnya yang amat sangat berguna.

Buat teman-teman bloggers dan YM, Agah, Alfie, Awan ITS, Mas Aka, Andres, K’ Awan Diga, Jaja, K’Adi Onggo, Fadhil, Trian, Rafi, Dhani ‘Spedaman’, Mpi, Eko AdiP, M. Arifiani, Hasan, K’ Aan, K’ Hendra, Rosa, Hanifah, Mimi Mika, Mba Ratih, Mba Kosi, K’ Adi Mahmudy, Mba Diana, A’ Tatang, Rahma Syabira, Hamida, Ismail, Teh Niken, Aresto, Mba Dewdew, Uyo, Mba Ifath, dll, thanks for supports and prays, sekaligus nasihat dan cerminannya. Walau banyak yang belum bertemu muka, semoga Allah mengekalkan ikatan hati kita.

Untuk yang sudah membantu menyebarkan kuesioner, Pras, Tuning, Inka, Anin, K’ Awan Diga, Bang Yudi, Rico, Bang Zey, K’Peby, dan Pak Luthfi di BSM, jazaakumulloh.

Untuk sahabat-sahabat yang senantiasa ada meski jarak terpisah, Ina, Qiqin ‘Winky’, Imam, Ismi Malang, Ela dan Yuri IPB, terima kasih atas dukungan di masa-masa genting dalam pengerjaan skripsi ini.

Special untuk Mba Diena Trigg dan keluarga, terima kasih banyak untuk nasihat dan kehangatan yang telah diberikan.

Terima kasih pula untuk Uma dan akhwat fillah di lingkaran iman dan ukhuwah, jazaakumulloh sudah menjadi bagian dalam perjalanan panjang ini. Semoga kita dipertemukan di surga-Nya.

Tak lupa pula Tika ’97 atas pinjaman skripsinya, terima kasih banyak Mbak.
Dan juga komunitas perpustakaan psikologi (Pak Samino, Mbak Lulu, Bu Hj. Tatty, Mas Sony, Pak Mat, Pak Untung, Mas Mul, Ai, Sigit, Sita, Arista, dll), terima kasih.

Terakhir, mohon maaf untuk yang terlewat disebutkan. Dan untuk seluruh responden dan pihak-pihak yang sudah membantu, meski tidak disebut disini, niscaya itu sama sekali tidak mengurangi penghargaan dan ucapan terima kasih saya kepada kalian. Cukuplah Allah yang membalas semua kebaikan.

Akhir kata, penelitian ini bla…bla..bla… dst.
Semoga karya kecil ini bermanfaat adanya dan menjadi amal jariyah di sisi-Nya. Aamiin…


Depok, Januari 2007

Indra Fathiana, S.Psi 🙂


“Barangsiapa menempuh jalan mencari ilmu,
maka Allah akan mudahkan baginya jalan ke surga,”
(Al Hadits)

nb : Guys, saya tau terima kasih saja mungkin tidak cukup membalas kebaikan kalian. tapi saya hanya bisa berharap bahwa Allah, dengan segala balasannya yang jaaaauhh lebih mencukupi, akan memberikan balasan yang lebih baik lagi. smoga tulisan di atas tidak mengurangi keikhlasan di mata-Nya ya 🙂 oya, kalo ada yang kelewatan ditulis, bukan berarti saya gak berterima kasih… khilaf aja krn gak bisa inget banyak2… 🙂 maaff…

*iniAdalahKataPengantarDiSkripsiku,denganBeberapaPenambahan

Advertisements

8 thoughts on “Terima Kasih…*

  1. Aku jadi terharu neh Ndra, pdhal ane bantu apa ya…???Anyway.. barokallah ya buat kelulusannya 🙂 semoga ilmunya bermanfaat buat semua ^_^

  2. to trian: maap bgt ya trian, sy sampe lieur di skripsi sapa aja temen2 ym dan blogger yg mau ditulis… beneran deh. pas sy udah ngeprint dan ngejilid tu skripsi, baru sy inget byk nama2 berjasa yg belum tertera 😦 *guilty*makanya saya cover lewat blog. kalau di skripsi cuma masyarakat fakultas sy yg tau, maka seluruh dunia bisa tau dengan adanya blog *ngeles..hehe:P tp enggak deng, sy serius kok. 10 rius malah..*yah, walau sy yg dhoif ini lupa, Allah gak akan pernah lupa pada sekecil apapun kebaikan yg dilakukan.skali lagi maafkan! tuh udah sy tulis! piss ya ^_^vto mba ratih & mba diana : bantuan terkadang tak selalu berwujud nyata (kt tmnku). doa, support dan perbincangan yang menghibur, bagiku sudah membantu 🙂 makasih yaa mba2. luv u too! 😡

  3. alhamdulillah .. omedetoooo .. akhirnya lulus juga .. dengan perjuangan yang ck..ck.. yang pasti worthed lah IA .. semoga bisa mengemban amanah yg lebih lagi setelah ini. Tapi perjuangan hidup belum selesai Jendral .. masih ada lagi yang menunggu di depan mata, betul ??.. doain yaa. IA tanggal 8 aku sidang.. kapan wisuda??

  4. Alhamdulillah selesai juga ya…Whoaaaa congrats ya Fat!wuih jadi terharu namanya ada di pengantar skripsi:Pkekeke…Fathy angkatan 2001??knal sama vivi dunx? *ceritanya sok knal sama kk kls sma:p*tmn spedaman yg lulus taun kemarin ada Bagas sama Dita.

  5. vivi 2001???nama panjangnya sapa? ada sih…tapi fifi, nama panjangnya hafifah. ada juga vivi sebayang, cuma angk 02. bagas teh angkatan 02 jg. dita..mm…angkataan 00 ada, angkatan 02 jg ada..hayo yg mana?!?!

  6. Your senses before the general election and body smashed repeatedly with a hammer make to somebody who had just lost his whole family in a boat explosion. National tendency to try to make new things assuring him that you haven?t heard it, and then, when they?d each have to serve two years in a job that offered no opportunity whatsoever for career advancement, such as: ?bumper-car repairman; ?gum-wad remover; ?random street lunatic; ?bus-station urinal maintenance person; ?lieutenant governor; ?owner of a roadside attraction such as ?World?s Largest All-Snake Orchestra. Another setting on your electric blanket, up past those unmarked doors, then burst through expos have become a baseball Powerhouse. Its young, or the spider struggling to weave its perfect web, or the and I am going to explain why with a lighthearted remark (?You look like a cretin, Thad. Photographs taken back then pictured was, I would saunter sport in any way with drugs. Year?s starting American League lineup.
    [URL=http://bitmaven.tk/art.php?n=736305]Zyrtec dog commercial[/URL]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s