Ngambil Data — Lagi!!!! (1)

Bismillah.


Sabtu,16 Des 2006 @ kampus.

Aku : Iya, pak. Saya udah ambil datanya, tapi baru dapet 23-an buah. Masih kurang gitu… Insya Allah ntar bisa dicari lagi.

Pembimbing Skripsi-ku (PS) : Oiya. Tapi itu udah dimasukkan semuanya kan?

Aku : Maksudnya, pak?

PS : Ya.. semua variable…sama yang dulu itu…

Aku : Stereotip peran gender?

PS : Ya…

Aku : *hue??? – membelalak- *
Lho… Bapak bilang waktu itu gak usah dimasukin karena udah dapet hasilnya pas sebelum sidang kemarin…

PS : gimana…gimana…agak kurang jelas?

Aku : Iya, sebenarnya saya gak bisa mencerna sampe sekarang, kenapa variable itu tidak dimasukkan ke dalam kuesioner yang sekarang. Karena kan ada 5 variabel yang diteliti, ada kontrol diri dan stereotip peran gender pelaku, sama situasi dan kondisi korban, dan sejauh mana peran variabel2 tersebut berpengaruh terhadap kecenderungan melakukan pelecehan seksual… makanya saya bingung pas Bapak bilang stereotip peran gender gak usah dimasukin. Kan kita neliti dalam satu inidvidu itu gambaran semua variable bagaimana…

PS : Jadi… tidak kamu ikutsertakan???

Aku : ya abis bapak bilang waktu itu gak usah…walaupun saya jadi bingung. Pas saya tanya ke Bang Noel (dosen pembimbing informal –red), katanya mungkin yang dikorelasikan nanti variabelnya… saya pikir maksud bapak begitu juga kali ya…

PS : Oh my God!!! *menepuk dahi*
Saya pikir waktu itu kan alatnya memang sudah diuji. Jadi gak perlu diuji lagi. Tapi untuk pengambilan datanya tetap diikutkan. Lagipula waktu itu kita sedang dalam proses try-out kan?

Aku : iya siih…

PS : hmmm..hmm..hmm…kalau ditambahkan saja kuesioner yang kurang itu, gimana?

Aku : Ha? Mana bisa, Pak? Saya kan gak tau siapa aja yang ngisi kuesioner yang ini, ini atau ini. Kan anonym…gak ada identitasnya.

PS : Oiya ya…

Hening sejenak…

Aku : Mmm…berarti data yang diambil kemarin… gak terpakai donk, Pak?

PS : ya…. Atau bisa juga kita korelasikan variabelnya. Tapi itu nanti hasilnya teoritis saja. Tidak menggambarkan kenyataan. Atau kecuali kalau variable stereotip peran gender itu kita hilangkan…

Aku : wah, kalau seperti itu kok jadi seperti tidak menggambarkan apa yang terjadi di lapangan ya, Pak… Dan kalau dihilangkan, sejujurnya penelitian saya jadi gak bagus. Lagipula yang banyak dibahas dalam teori sexual harassment itu ya stereotip pria terhadap wanita tadi. Itu yang justru banyak dibahas… kalau dihilangkan, saya gak tau deh *idealis*.
Tapi penelitian saya jadi gak bagus aja. Dan sayang banget kalau jadi tidak komprehensif…Kalau harus ambil data ulang… saya gak yakin sama waktunya juga. Gak cukup realistis untuk ngejar sampe tanggal 22… kalau kemungkinan diperpanjang waktunya bisa gak, Pak? *ketar-ketir*

PS : coba kita tanya Ibu Tia ya (dosen akademik –red)

Lobi berlangsung di telepon.

PS : Ok, indra… Ibu Tia bilang, usahakan saja kumpulkan tanggal 22, gak papa sampai sore. Karena bentrok dengan liburan, jadi sulit diperpanjang lagi waktunya.

Aku : *straight face – speechless – God, help me please!*

PS : Ok. Kita coba aja. Saya optimis kita bisa kejar. Nanti saya bantu juga sebar datanya.

Aku : nggg…. Ya udah… ya sebenarnya pas saya ambil data kemarin banyak yang jawabannya tidak sesuai harapan. Mungkin karena ngambilnya di bank syariah, jadi jawaban pelecehan seksualnya negatif semua…harusnya malah saya ngambil di diskotik dan semacamnya… tapi gak ada link dan waktunya juga mepet. Tapi yang ngambil di stasiun sih alhamdulillah sesuai harapan.

PS : Oh, begitu ya.

Aku : iya. Berarti pak… kira-kira time schedule-nya begini… mungkin butuh 2 hari ambil data… ahad dan senin. Senin baru terkumpul, selasa baru bisa diolah. Rabu-kamis analisa dan feedback. Jumat dikritisi ulang semuanya, dan dikumpul.

PS : Tapi rabu itu kamu sudah bikin format laporannya ya. Format penulisan hasilnya seperti apa…

Aku : Oh… maksudnya, hasil olah data itu? Misalnya… kalau kontrol diri subyek rendah, dengan stereotip peran gender tradisional misalnya, trus ditambah kondisi dan situasi begini, hasilnya kecenderungan melakukan pelecehan seksualnya gimana… gitu ya, Pak?

PS : Ya, begitu. Ok, bismillah ya. Kita jalan. Nanti saya bantu juga sebar kuesionernya…

Aku : *menghela napas berat dan coba tersenyum* Ok. Doakan ya pak…

PS : Insya Allah…insya Allah…

Fiuuuu….
Ambil data lagi! Parah betul dah. Dan bolak-balik Bappenas plus BSM di Sudirman jadi terasa sia-sia. Belum uang buat print, fotokopi, tenaga, beli reward yang juga tak murah…
Aaaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhh……………….!!!!!!!!!!!

Enggak, enggak. Gak akan pernah tersia dalam pandangan Allah. GAK AKAN!
So, face the world, honey. Just trying hard and keep praying!

Begitu ketemu sama temen seangkatan…

Temenku : Eh, ndra… gimana?

Aku : Tau gak, Din? (dini –red) aku kan udah ambil data.. eh ternyata ada yang kurang! Jadi ambil data lagi nih besok… giling gak sih…hare gene masih ambil data. Padahal jumat dikumpul! Haha… *ketawa gak jelas*

Temenku : ha??? Serius lo ndra…

Aku : iyyya. Hhh…doain aja yak… harus semester ini.

Temenku : iya iya. Duh indra… ada-ada aja sih… Sukses deh ya. Mudah-mudahan bisa.

Aku : harus bisa!!! *berusaha tersenyum tegar*

Dari kampus aku bergegas ke rental, nyempurnain kuesioner yang ketinggalan tadi dan motokopi sekalian. Kalo di luar kampus kan copy-an mahal tuh. Jadi sekalian aja…
Kepalaku udah cenat-cenut gak jelas. Ni warnet lemot amat lagi. Makin senewen deh di depan komputer.

Tiba-tiba hp bunyi. Sms.
Manusia satu itu.
“Indra, pakabar? Gimana proses ambil datanya? Lancar?”
Aku tersenyum.
“Jawaban singkat: migren. Jawaban panjang : akan diposting di blog. Hehe. Makasih yaaa.. Doakan aja yang buanyakkkk!”
“:) SMANGAAAAAADH!”
hehe. thx, k.

Well… psychologically aku merasa…tidak baik sih.
Tapi lebih merasa hampa.
Maksudku… sepertinya sudah berada di titik kulminasi ke-fatigue-an (lelah psikis karena beban yang terlalu banyak –red) sehingga gak tau lagi gimana menghadapinya kecuali… ya sudah, jalani. Dan overload di otak merambah ke psikosomatis : migren yang dari semalam gak hilang-hilang, badan keringet dingin, pegel-pegel gak jelas dan luar biasa lelah, dst.

Sejujurnya aku lebih mengkhawatirkan fisik ini.
Kalaupun aku harus jalani yang seperti ini, yaa… mau bilang apa.
Tadi teh ketemu temen ketawa-tawa karena… merasa ni airmata gak bisa keluar lagi.
Beneran gak ada rasa mau nangis karena sedih atau gimana.
Seperti sudah kebal dengan berbagai benturan.
Hampa aja.
Kaget iya.
Shock apalagi.

Tapi….yah…sudahlah. Let the water flows…
Lagipula kalau gak begini mungkin aku gak akan ketemu senior-senior UI di BSM. Mulai Pak Lutfi FT’96, sampe ujung-ujungnya ketemu K’Peby, K’Surya… senior psikologi yang udah berapa taun gak bertatap muka.

Hlaa…dunia sempit amat dah. Dan si Kasur makin gendut ajah… 😛
*Apalagi sih yang bisa dipikirin selain cari anything hidden dibalik segala kejadian? :)*

Okeh.
Besok aku berencana menyebar kuesioner di stasiun Manggarai…
Permudahkanlah, Ya Allah…
Permudahkanlah…

(to be continued)

Special “jazaakumulloh khoiron katsiir” to K’Awan dan Melly di Bappenas, juga Bang Zey di Indosat serta Pak Luthfi dan K’Peby di BSM, datanya jadi gak terpakai 😦
Trust me, it’s not my will!!!!!!!!!!! :'((
Mohon maafffffffff sudah merepotkan… insya Allah, gak ada yang sia-sia di mata-Nya. Makasih banyak ya. Juga untuk seseorang yang dengan amat-sangat konkret bantuin keliling Jakarta dengan segala dukungan moril, materil, waktu dan tenaga sepenuh jiwa…u r still the best 🙂
Kalah besar kau, om… huahaha… :))

~Fiuhhhh!Go-FIGHT-Win,Jiwa!!!

Advertisements

13 thoughts on “Ngambil Data — Lagi!!!! (1)

  1. adakah hal lain yg bisa sy lakukan selain “tegar”? 🙂Allah gak buta, gah. Allah gak buta.sy yakin itu.mohon doanya aja. itu udah sangat lebih dari cukup…

  2. subhanalloh……tidak pernah berubah rupanya,tetep seorang neng fathy dengan ketegarannya, moga ALLOH SWT selalu memudahkan, fii amanillah ukh…afwan ya gak bisa bantuin banyak, selain do’a ….^_^V

  3. Hello! Nice site, keep up the good work . < HREF="http://buy-phentermine.hem.nu" REL="nofollow">http://buy-phentermine.hem.nu<> BUY PHENTERMINE < HREF="http://buy-phentermine.hem.nu" REL="nofollow">BUY PHENTERMINE <> http://buy-phentermine.hem.nu buy phentermine http://buy-phentermine.hem.nu phentermine online http://buy-phentermine.hem.nu order phentermine http://buy-phentermine.hem.nu cheap phentermine http://buy-phentermine.hem.nu buy phentermine online http://buy-phentermine.hem.nu phentermine diet pill http://buy-phentermine.hem.nu phentermine online pharmacy http://buy-phentermine.hem.nu phentermine prescription http://buy-phentermine.hem.nu what is phentermine http://buy-phentermine.hem.nu free phentermine

  4. no deposit poker bonuses
    poker where you can get free bingo money before without requirment
    bonuses without deposit $50
    at the best online casino bonuses available, no deposit bonuses,
    online cash no deposit poker portal free money rules sponsors and password play poker free
    Betsson Sportsbook free bet offers, join bonus and bettors poker
    bonusy darmowe na pokera on line
    Oasis Casino, 100% match bonus up to $100 FREE, $50, Full Review
    za darmo poker internetowy Titan Poker Guide – $50 FREE – bonus code: ip50gratis – Exclusive weekly freerolls
    Bonus free download bonuses any Online Texas Holdem Poker bonus Room Free Bonus Bets! Titan Poker without deposit
    free poker money
    To claim this bonus enter the promotional code
    no deposit poker bonuses

  5. Hi !.
    You may , perhaps very interested to know how one can make real money .
    There is no need to invest much at first. You may start earning with as small sum of money as 20-100 dollars.

    AimTrust is what you thought of all the time
    AimTrust incorporates an offshore structure with advanced asset management technologies in production and delivery of pipes for oil and gas.

    It is based in Panama with structures around the world.
    Do you want to become really rich in short time?
    That`s your choice That`s what you wish in the long run!

    I`m happy and lucky, I started to get income with the help of this company,
    and I invite you to do the same. If it gets down to select a proper partner who uses your savings in a right way – that`s the AimTrust!.
    I make 2G daily, and my first deposit was 1 grand only!
    It`s easy to start , just click this link http://umebisepuh.freecities.com/ukyfake.html
    and lucky you`re! Let`s take our chance together to feel the smell of real money

  6. Hello !.
    You re, I guess , probably very interested to know how one can reach 2000 per day of income .
    There is no need to invest much at first. You may commense earning with as small sum of money as 20-100 dollars.

    AimTrust is what you haven`t ever dreamt of such a chance to become rich
    The company incorporates an offshore structure with advanced asset management technologies in production and delivery of pipes for oil and gas.

    It is based in Panama with affiliates everywhere: In USA, Canada, Cyprus.
    Do you want to become really rich in short time?
    That`s your choice That`s what you desire!

    I feel good, I started to take up income with the help of this company,
    and I invite you to do the same. If it gets down to select a proper partner who uses your funds in a right way – that`s the AimTrust!.
    I make 2G daily, and what I started with was a funny sum of 500 bucks!
    It`s easy to start , just click this link http://nibesysyda.builtfree.org/nemymif.html
    and lucky you`re! Let`s take this option together to get rid of nastiness of the life

  7. Hello everyone!
    I would like to burn a theme at here. There is such a thing, called HYIP, or High Yield Investment Program. It reminds of ponzy-like structure, but in rare cases one may happen to meet a company that really pays up to 2% daily not on invested money, but from real profits.

    For quite a long time, I make money with the help of these programs.
    I'm with no money problems now, but there are heights that must be conquered . I make 2G daily, and my first investment was 500 dollars only.
    Right now, I managed to catch a guaranteed variant to make a sharp rise . Turn to my blog to get additional info.

    [url=http://theinvestblog.com] Online investment blog[/url]

  8. Hello everyone!
    I would like to burn a theme at this forum. There is such a nicey, called HYIP, or High Yield Investment Program. It reminds of financial piramyde, but in rare cases one may happen to meet a company that really pays up to 2% daily not on invested money, but from real profits.

    For quite a long time, I earn money with the help of these programs.
    I'm with no money problems now, but there are heights that must be conquered . I make 2G daily, and I started with funny 500 bucks.
    Right now, I managed to catch a guaranteed variant to make a sharp rise . Visit my web site to get additional info.

    http://theinvestblog.com [url=http://theinvestblog.com]Online Investment Blog[/url]

  9. Glad to materialize here. Good day or night everybody!

    For sure you didn’t here about me yet,
    my parents call me Peter.
    Generally I’m a venturesome gambler. all my life I’m carried away by online-casino and poker.
    Not long time ago I started my own blog, where I describe my virtual adventures.
    Probably, it will be interesting for you to find out my particular opinion on famous gambling projects.
    Please visit my diary. http://allbestcasino.com I’ll be interested on your opinion..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s