Pelecehan Seksual (bantuin lagi, pls…)

bismillah.

asww, guys…
would u help me (again) to fill in my questionaire?
buat skripsi nih…butuh jawaban dari minimal..mm…20 orang!
please help ya? coz saya ngejar deadline..(deadline kok dikejar..)
skripsi saya ttg “Persepsi Pria terhadap Korban dan Situasi yang Dianggap dapat Memicu Terjadinya Pelecehan Seksual”. so, kuesioner ini cuma boleh diisi sam COWOK only.
Insya 4JJI saya akan buka lagi blog ini hari senin, dan akan langsung diolah, dan hari itu juga bakal ketemu sama PS (Pembimbing Skripsi)…Huwaaa! kudu cepet2 nih makanya!
anyway, segala macam reward akan diberikan sama 4JJI SWT, Insya 4JJI 🙂
jazaakumulloh khoiron katsiiro, semuanya. makasih banyakkkkkk…

PELECEHAN SEKSUAL

Kasus 1
Nina, 14 tahun, adalah seorang pelajar kelas 3 SMP. Di suatu malam Minggu, ia berjalan-jalan ke mall bersama teman-temannya. Suasana mall pada malam minggu cukup ramai dan kebanyakan pengunjungnya adalah remaja. Biasanya, di sudut-sudut tertentu terdapat sekelompok remaja berkumpul untuk sekedar duduk-duduk, mengobrol dan menghabiskan waktu.
Malam itu Nina ingin membeli sepatu olahraga di suatu toko. Di dekat toko itu, terdapat sekelompok remaja pria tengah bercanda dan mengobrol. Nina merasa agak segan melewati mereka. Namun sepatu yang ia inginkan hanya dijual di toko tersebut dan tidak ada jalan lain menuju kesana.
Dalam situasi seperti ini, menurut Anda pelecehan seksual apa yang mungkin terjadi?
……..
Mengapa pelecehan seksual itu terjadi?
…..

Kasus 2
Hani, 23 tahun, setiap hari harus naik kereta jurusan Jakarta-Bogor untuk mencapai tempat kerjanya. Seperti kebanyakan masyarakat, ia lebih suka naik kereta karena menghindari macet dan biayanya juga relatif murah.
Suatu hari, kereta yang akan ditumpanginya sangat penuh oleh penumpang. Hani memaksakan diri untuk naik daripada ia terlambat sampai di kantornya. Ia rela berdesak-desakkan dengan penumpang lain demi mengejar waktu.
Dalam situasi seperti ini, menurut Anda pelecehan seksual apa yang mungkin terjadi?
…..
Mengapa pelecehan seksual itu terjadi?
……..

Kasus 3
Putri, 20 tahun, berencana menghabiskan malam minggunya dengan menonton film terbaru di bioskop. Ia membuat janji dengan teman-temannya dan akan bertemu di bioskop tepat jam 7 malam. Malam itu Putri mengenakan baju yang ‘mengatung’ dipadu celana hipster sehingga bagian perut dan pinggulnya kadang-kadang tanpa disadari terlihat.
Sampai di bioskop, Putri langsung menuju loket untuk mengantri membeli tiket masuk. Suasana antrian cukup panjang dan berdesakan. Sepertinya film tersebut juga diminati banyak orang. Tak heran, bioskop malam itu cukup ramai dikunjungi orang. Putri seolah terjepit di antara pengantri di depan dan belakangnya.
Dalam situasi seperti ini, menurut Anda pelecehan seksual apa yang mungkin terjadi?
……….
Mengapa pelecehan seksual itu terjadi?
………..

Kasus 4
Ani, 34 tahun, merupakan karyawati sebuah perusahaan yang terletak di daerah Sudirman. Setiap hari ia pulang-pergi ke kantornya dengan menggunakan bis kota. Karena banyak orang yang bekerja di daerah tersebut, kendaraan umum kesana selalu dipenuhi penumpang baik pada saat berangkat maupun pulang. Mau tidak mau setiap hari Ani harus rela berdempet-dempetan di dalam bis bersama puluhan orang lainnya.
Dalam situasi seperti ini, menurut Anda pelecehan seksual apa yang mungkin terjadi?

Mengapa pelecehan seksual itu terjadi?

Kasus 5
Udin, 55 tahun, adalah seorang kakek dari 5 cucu. Istrinya telah meninggal dunia 3 tahun yang lalu karena sakit. Saat ini ia tinggal di rumah salah seorang anaknya. Ketika anaknya pergi bekerja, ia membantu mengasuh cucunya (perempuan) yang masih berusia 4 tahun di rumah.
Udin gemar menyanyi dan berkaraoke. Ketika istrinya masih hidup, Udin sering berkaraoke bersama istrinya. Sampai sekarangpun ia masih senang mendengarkan VCD untuk mengenang saat-saat bersama istrinya dahulu.
Suatu hari ketika tengah berjalan-jalan di pusat perbelanjaan, Udin membeli beberapa VCD lagu. Tanpa diduga, sang penjual menawarkannya VCD porno. Awalnya Udin menolak. Namun didorong rasa ingin tahunya yang besar, akhirnya Udin membeli 1 keping VCD porno tersebut.
Di rumah, saat anaknya pergi bekerja, Udin menonton VCD porno yang dibelinya sambil menemani cucu perempuannya bermain di kamar.
Dalam situasi seperti ini, menurut Anda pelecehan seksual apa yang mungkin terjadi?
……..
Mengapa pelecehan seksual itu terjadi?
……..

Kasus 5
Andi (27 tahun) mengunjungi konser musik bersama teman-temannya. Konser musik ini akan diisi oleh beberapa artis ibukota. Dalam suatu penampilan, seorang artis membawakan lagu dengan diiringi 5 orang penari latar wanita. Mereka menari dengan kompak dan gemulai, mengikuti irama musik yang berdentam keras. Kelima penari latar tersebut mengenakan tank top berbelahan dada rendah dan celana pendek ketat, sehingga lekukan tubuh serta perutnya terlihat jelas.
Dalam situasi seperti ini, menurut Anda pelecehan seksual apa yang mungkin terjadi?
………..
Mengapa pelecehan seksual itu terjadi?
……

Kasus 6
Vira, 17 tahun, pulang larut malam dari sekolahnya karena harus mengerjakan tugas sekolah. Waktu tempuh dari sekolah ke rumahnya lebih kurang 2 jam perjalanan. Vira terpaksa pulang sendirian karena tidak ada teman yang satu arah dengannya. Orangtuanya juga tidak bisa menjemput karena belum pulang dari kantor. Setelah naik bis sebanyak 2 kali, Vira masih harus berjalan kaki sejauh 200 meter untuk sampai di rumahnya. Jam sudah menunjukkan pukul 9 malam. Suasana jalanan saat itu sudah sepi dan gelap.
Dalam situasi seperti ini, menurut Anda pelecehan seksual apa yang mungkin terjadi?
………….

Mengapa pelecehan seksual itu terjadi?
………….

***TERIMA KASIH ATAS PARTISIPASI SAUDARA***

usia : …… tahun
pekerjaan :
domisili :

Advertisements

6 thoughts on “Pelecehan Seksual (bantuin lagi, pls…)

  1. Aduh…kok banyak banget ya Dra !! Saya coba satu-satu yach !!!==============================Kasus 1 : * Pelecehan seksual yang mungkin terjadi : – Para pemuda akan meledek-ledek si Nita dengan bahasa Vulgar – Aksi mencolek Nita * Alasan : Untuk kondisi ini,sebenarnya kecil sekali ada pelecehan seksual, karena kondisi Mall cukup ramai, sehingga para pemuda tidak berani untuk pelecahan tingkat tinggi. Hanya sampai tahap menggoda aja kali yach ===============================Kasus 2 : * Pelecehan seksual yang mungkin terjadi : – Tangan-tangan jahil yang memegang / meraba-raba daerah rawan tubuh Hani – Aksi mengeluarkan dan menggosok-gosokan alat vital ke pakaian si Hani ( “Seks Kilat” ) * Alasan : Karena kondisi kereta yang berdesak-desakan, serta campur baurnya antara wanita dan pria, maka memberikan kesempatan bagi pria-pria “nakal” untuk melakukan hal-hal tersebut. Hal ini mudah dilakukan karena : 1. Si wanita biasanya tidak berdaya dengan aksi pria “nakal” diantara desakan penumpang, 2. si Wanita tidak merasakan aksi pria “nakal” tersebut, 3. Bagi pria “nakal” kondisi itu adalah kesempatan terbuka untuk aksinya.=================================Kasus 3 : * Pelecehan seksual yang mungkin terjadi : – Aksi colek atau sengaja berbenturan badan dengan putri yang ada di depannya – Tangan-tangan jahil yang memegang / meraba-raba daerah rawan * Alasan : Tidak separah si Hani, pelecehan seksual hanya pada batas-batas tingkat menengah, karena fokus para pengantri satu tuan, tidak mudah bagi pria “nakal” untuk melakukan aksi tersebut.==================================Kasus 4 : * Pelecehan seksual yang mungkin terjadi : – Tangan-tangan jahil yang memegang / meraba-raba daerah rawan tubuh Ani – Aksi mengeluarkan dan menggosok-gosokan alat vital ke pakaian si Hani ( “Seks Kilat” ) * Alasan : Hampir sama dengan si Hani yang di kereta==================================Kasus 5 : * Pelecehan seksual yang mungkin terjadi : – Udin akan mempraktekan adegan dalam VCD porno tersebut ke cucu nya * Alasan : Karena kondisi yang sangat membebaskan udin untuk melakukan apa pun juga di rumahnya, sementara itu ada cucu nya yang wanita, sehingga memberikan kesempatan untuk Udin melakukan hal-hal tersebut.===============================Kasus 6 : * Pelecehan seksual yang mungkin terjadi : – Para penonton akan naik ke panggung dan mendekati baik penyanyi maupun penari latarnya – Menimbulkan niat bagi pria-pria nakal untuk melakukan tindakan asusila kepada penonton wanita – Beberapa pria mungkin akan melakukan masturbasi/onani ( eh itu pelecehan seksual bukan yach???btw…maaf kalau vulgar bahasanya) * Sebenarnya bingung untuk kasus ini, karena saya melihat hanya dampak setidak langsungnya aja. kalaupun dampak langsun ya itu tadi poin pertama. ( intinya binung untuk kasus ini )==============================Kasus 7 : ( Aduh ternyata ada 7 kasus yach ??? saya kira 6 kasus) * Pelecehan seksual yang mungkin terjadi : – Para pemuda akan meledek-ledek si Vira dengan bahasa vulgar – Tindakan pemerkosaan * Alasan : Karena kondisi yang sepi dan gelap, memungkin tindakan pelecehan seksual tingkat tinggi akan terjadi karena kesempatan untuk melakukan itu besar sekali dan pada jam segitu biasanya pria-pria “nakal” sedang berkeliaran.==============================================(ye…selesai juga dech…)Usia : 23 TahunPekerjaan : MahasiswaDomisili : Jakarta

  2. yah…baru 2 😦 tapi jawabannya si mhs berusia 23 thn cukup jelas, konkret dan operasional. siapapun dirimu, trima kasih yaa 🙂 Allah akan balas dgn kebaikan yg lebih lagi, insya Allah 🙂to dhika, kenapa? ini adalah tahap lanjutan dari elisitasi tahap 1, makanya kasus2nya jadi lebih spesifik dan operasional. (mm..sbnrnya sy jg mikir2 sih…smg tdk membuat pria2 terzholimi…)ayo dhika, diisi yah!

  3. pengen tw judul n bahasan ttg skipsimu cz aq jg gi biqn skripsi ttg “dampak pelecehan seksual di tempat umum dan kerja terhadap tingkat stres dan depresi”. mw q jadiin sumber referensi. klo bisa,, tolong kirim ke skleroblast@yahoo.com y.. makasih bgt bwt bantuannya.wahyu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s