Pelecehan Seksual (bantuin donk…)

bismillah..

teman2…sodara2kuu…
aku lagi ngerjain skripsi ttg pelecehan seksual nih.
would u help me?
tlg jawab pertanyaan di bawah ini dengan detail dan operasional ya…

ya.

menurut anda,
1) hal-hal apa saja yang tergolong pelecehan seksual?
2) situasi yang bagaimana yang rentan thdp terjadinya pelecehan seksual?
3) kondisi korban spt apa yang rentan thdp terjadinya pelecehan seksual?
4) hal apa yang paling dominan menjadi penyebab terjadinya pelecehan seksual?

nama :
usia :
pekerjaan :

jazaakumulloh khoiron, semuanya…
terima kasih banyak ^_^

Advertisements

12 thoughts on “Pelecehan Seksual (bantuin donk…)

  1. 1) seluruh tindakan (perbuatan atau perkataan) yang mengganggu korban dan timbul (relatif) karena perbedaan gender.2) situasi yang bisa menimbulkan terlihatnya (sisi) kelemahan si korban, terbukanya ruang eksploitasi terhadap korban.3) kondisi korban yang lemah (fisik ataupun mental), penampilan yang (terlalu) ‘menarik’ bagi pelaku, dll.4) lemah moral *normatifkah?…btw, jawabannya kok formal2 betul ya…:)dhika – >20 – karyawan swasta

  2. assalamu’alaikum…mbak fathy, mungkin ada baiknya dijelaskan sedikit tentang latar belakang studi, tujuan, ruang lingkup (terutama), dsb. jadi jawaban2 yang diberikan sama pengunjung blog ini bisa fokus. ato memang dibiarkan general seperti ini?tadinya saya mau jawab, tapi kira2 jawabannya bisa sama sprti mas dhika di atas… yah, kurang lebih.saran aja sihwassalam.

  3. 1) Segala perbuatan, tingkah laku yang didasari rasa merendahkan martabat (terutama wanita) dan disertai nafsu syahwat yang tidak semestinya.2) Segala situasi3) Berpakaian minim, seksi, atau bertingkah laku yang mengundang syahwat lain jenis4) Kurang kesadaran antisipasi agar tidak dilecehkanHanum, 29, karyawan swasta

  4. to k’ awan (prasaan tua-an situ deh…kan sy masih mhsi ;)), saya emang sengaja ga nyebutin scr spesifik, soalnya ini masih dalam tahap mengambil persepsi orang sebanyak2nya, bukan pengisian alat ukur/kuesioner. justru jwbn orang2 akan jadi dasar buat saya dalam membuat alat ukur benerannya. ruang lingkup pelecehan jg gak disebutkan krn sy mau tau, menurut org2, pelecehan seksual itu terjadi dimana aja, kapan, bagaimana, mengapa. oya, tambahin contoh2 konkritnya ya guys…mkasih banyaaaaaaaaaaaaaaakkkkkkk……..

  5. Mudah-mudahan bisa bantu, ini pendapat saya :1. pelecehan seksual bisa berupa tindakan atau sikap dan perkataan yang bermuatan seksual, yang bikin orang jadi merasa terhina, tersinggung, marah, kehilangan harga diri contohnya : perkosaan, lelucon jorok, dll2. Secara makro : situasi masyarakat yg terlalu bertoleransi terhadap free sex, tayangan-tayangan TV cabul, tidak mengindahkan norma agama, lalu bicara atas nama demokrasi. (indonesia banget gituuu..) Secara mikro : kondisi korban dan pelaku yang berada pada tempat dan waktu yg tidak sepatutnya3. – Orang yang lemah, biasanya anak-anak, wanita atau orang tua. – orang yang bersikap dan berprilaku diluar norma4. Penyebab dominan : aspek moralratna::24::karyawan swasta

  6. Oooo, gitu toh?? :pya udah, nyoba ngisi kuesionernya juga aah…1. segala tindakan dan bahasa verbal (lisan/tulisan) yang menimbulkan perasaan tidak nyaman, terganggu, terhina atau semacamnya yang berkaitan dengan gender/jenis kelamin, secara langsung maupun tidak langsung.2. segala situasi yang melibatkan 2 orang atau lebih yang berbeda gender (ini karena definisi pelecehan yang sy ambil termasuk bahasa verbal. jadi, mau di bus kota yang padat pun, bisa rentan pelecehan)3. korban yang kurang memahami jenis/macam pelecehan (dengan kata lain, bisa saja dia tidak sadar sedang dilecehkan), korban yang terlalu permisif dengan perilaku orang lain yang berbeda gender terhadap dia, korban yang dalam posisi lemah (fisik, mental, maupun kesempatan/kemampuan lain untuk mencegah terjadinya pelecehan, termasuk kemampuan ekonomi dsb)4. syahwat, dan ketidak-tahuan si pelaku bahwa perbuatannya itu mungkin melecehkan orang lain secara seksual (misal : seorang pria becanda jorok didepan seorang wanita, tapi tidak sadar kalo humor itu mungkin membuat si wanita merasa terlecehkan)awan; 24; freelance planner, wiraswastawan

  7. semoga bermanfaat…1. Segala tindakan, baik perbuatan maupun perkataan, yang mengakibatkan keresahan,terhina atau terganggu jiwa dan raga seseorang yang berkaitan dengan seks.2. Situasi dimana seseorang bisa memiliki niat dan kesempatan untuk melakukan itu (Waspadalah…waspadalah..^_^)3. Kondisi dimana seseorang membuat orang lain berniat dan memiliki kesempatan untuk melakukan pelecehan seksual ( pakian ketat, rok pendek,dll), kondisi dimana seseorang belum mengerti tentang sekseual (anak kecil), kondisi dimana seseorang lemah kondisi pribadinya ( anak-anak, wanita)4. karena ada niat dan kesempatan dari pelaku pelecehan seksual tersebut..Nama : AriawanUsia : 23Pekerjaan : Mahasiswa

  8. asww, all..alhamdulillah, tahap pembuatan elisitasi sudah selesai dgn lancar. terima kasih atas dukungan dan bantuannya, cuma Allah yang bisa membalas dengan yang lebih baik lagi. afwan kalo ada yg gak jelas dan banyak kekurangan.ttp saling mendoakan ya…-andTheNextJourneyIsBeginningNow..-

  9. ASWW>1. Pelecehan sexual = membuat prilaku yang merugikan lawan jenis dalam bentuk apapun dengan niat pemuasan birahi sepihak (pelaku).2. Situasinya: kapanpun dan dimanapun yg penting bisa bikin pelecehan sexual terjadi sesuai persepsi si pelaku. Tapi biasanya si pelaku nerima “gambar” berupa terlihatnya bagian tertentu pada si korban (lawan jenis;balita-dewasa). Trus yg pasti SITUASINYA harus aman u/ pelecehan itu.3. Kondisi korban biasanya ada yang sengaja menampilkan daya tarik diri untuk meraih perhatian orang lain…misal, penyiar radio keren2in suaranya, trus ada penggemar gelap yg gangguin lewat telepon deh.Trus ada korban yg ga sengaja/ga sadar/ga berniat ngundang daya tarik siapapun, tapi tetap dilecehkan karena faktor pelaku yg sdah terdominasi niat+ ide kotor…misal, oknum pria peserta kampanye PDIP yg ngelecehin akhawat PKS pas kampanye 2004 lalu.4. Dominasi itu tetap lebih besar dari si pelaku…karena meski si calon korban “ngundang abis” tapi kalo semua orang yang terundang gak mau jdi pelaku pelecehan seksual, maka gak akan terjadi deh. Apalagi, kalo korban nggak “ngundang” sm skali, pelaku yang emang dah kuat bgt niatnya, maka dia bs gencar ngusahain pelecehan sexual itu.Trus, namanya juga pelecehan, ni perbuatan untung buat 1 pihak aja, so faktor dominannya adalah individu pelakunya.WSWW>Wallohu A’lam.-Ana cm orang bodo kok-…but, yg penting Ana g suka+gak pernah ngelakuin perbuatan terkutuk ky pelecehan sexual.Nama :anonim (boleh?)Usia :23 ThPekerjaan :Mahasiswa

  10. ASWW>1. Pelecehan sexual = membuat prilaku yang merugikan lawan jenis dalam bentuk apapun dengan niat pemuasan birahi sepihak (pelaku).2. Situasinya: kapanpun dan dimanapun yg penting bisa bikin pelecehan sexual terjadi sesuai persepsi si pelaku. Tapi biasanya si pelaku nerima “gambar” berupa terlihatnya bagian tertentu pada si korban (lawan jenis;balita-dewasa). Trus yg pasti SITUASINYA harus aman u/ pelecehan itu.3. Kondisi korban biasanya ada yang sengaja menampilkan daya tarik diri untuk meraih perhatian orang lain…misal, penyiar radio keren2in suaranya, trus ada penggemar gelap yg gangguin lewat telepon deh.Trus ada korban yg ga sengaja/ga sadar/ga berniat ngundang daya tarik siapapun, tapi tetap dilecehkan karena faktor pelaku yg sdah terdominasi niat+ ide kotor…misal, oknum pria peserta kampanye PDIP yg ngelecehin akhawat PKS pas kampanye 2004 lalu.4. Dominasi itu tetap lebih besar dari si pelaku…karena meski si calon korban “ngundang abis” tapi kalo semua orang yang terundang gak mau jdi pelaku pelecehan seksual, maka gak akan terjadi deh. Apalagi, kalo korban nggak “ngundang” sm skali, pelaku yang emang dah kuat bgt niatnya, maka dia bs gencar ngusahain pelecehan sexual itu.Trus, namanya juga pelecehan, ni perbuatan untung buat 1 pihak aja, so faktor dominannya adalah individu pelakunya.WSWW>Wallohu A’lam.-Ana cm orang bodo kok-…but, yg penting Ana g suka+gak pernah ngelakuin perbuatan terkutuk ky pelecehan sexual.Nama :anonim (boleh?)Usia :23 ThPekerjaan :Mahasiswa

  11. 1) Perbuatan yang tidak menyenangkan baik dari sejenis maupun lawan jenis. Yang mengarah kepada hal yang privasi atau seksual. Seperti (afwan) meraba, mencolek, daerah sensitif atau bagian tubuh. Korbannya kebanyakan wanita.2) Situasi yang sangat aman bagi pelaku yang bisa menyamarkan pelakunya, didukung oleh keadaan sang korban yang tidak waspada atau lengah. Misalkan situasi di bus kota yang padat, apalagi KRL yang ke depok yang super padet…ihh ngerii…:(3) Kondisi yang menarik bagi si pelaku, terkadang ada yang memang terbuka auratnya ada juga yang tertutup. Intinya pada ketertarikan si pelaku. Atau memang si pelaku dengan sengaja melecehkan karena memiliki dendam atau kesinisan pada golongan tertentu.4)Kesinisan pada golongan tertentu, moral, kesengajaa untuk menimbulkan kesan tertentu pada si korban, atau kesempatan yang ada.“Ingat! kejahatan bukan saja terjadi karena timbul dari keinginan seseorang tapi karena ada kesempatan juga, waspadalah! waspadalah!”Nama : Rahma (saudarimu tercinta)Usia : 22 jalan 23 tahunPekerjaan : MahasiswiSama-sama mbak semoga segera selesai skripsinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s