Ujian Skripsi 3

Bismillah.

Again.
Skripsiku mentah.
Mari kita lihat judul tulisan ini.
O-ooww…
Jadi… ternyata sudah masuk ujian ke-3 ya?!

Ceritanya berawal dari bertemunya aku dengan mbak Fit, seniorku yang dah lulus. Aku ceritakan bla..bla…bla…dari proses awal pemilihan tema „ketenangan dan tahajud“, sampai akhirnya mentok di kematangan emosi. Do u know what she said?
„sayang sekali kalau kamu Cuma mau membandingkan antara tahajud dan sholat wajib biasa. Itu pseudo-science. Secara commonsense aja, orang sekilas akan menebak, yang „plus“ pastinya punya nilai lebih. Ibarat makan tempe dibandingkan makan tempe plus sayur, pastinya yang plus sayur jelas memiliki nilai gizi lebih tinggi. Lagipula, nanti di penguji kamu akan liat…perbandingan doang, terus diitung pake t-tes, selesai. Lantas apa? Kalau Cuma ngitung perbandingan doang mah…keciiil.. paling banter kamu dapet B.“

Aku melongo. Sebegitunya-kah?

„mba Fit bukannya mau melemahkan kamu ya Ndra. Tapi kasian kamunya juga. Effort yang kamu keluarkan pasti besar. Sangat besar. Mba Fit tau itu. Tapi kalau kemudian kamu mendapat nilai yang…istilahnya gak sesuai dengan effort yang kamu keluarkan, sayang sekali. Okelah, mba Fit pragmatis aja sekarang. Mba Fit itu tipikal orang yang punya prinsip, hasil harus sebanding dengan apa yang kita keluarkan. Jadi ketika skripsi, Mba Fit juga gak mau dapet nilai jelek padahal Mba Fit bersusah payah dalam prosesnya. Tau apa dosen2 itu? Mereka gak tau gimana kerja keras kita. Gak mau kan, ketika sidang nanti segala jerih payah kamu cuma dihargai dengan nilai yang gak setara?“

Kognitifku mengolah kata demi kata dari mulut Mba Fit…

„Jadi, waktu bikin skripsi Mba Fit tuh detil sekali, ini dijelasin, itu dideskripsikan… Nah, ketika dosen liat kan…wihh….sekilas aja mereka tuh ngeliat yang ruwet2 udah punya kesan berbeda. Sampe waktu sidang, pengujinya tuh geleng-geleng, ‚Saya gak tau deh mau nanyain apa lagi…’ Giiituh. Dan alhamdulillah…akhirnya dapet A.
Bukan apa2 yah. Mba Fit tuh bener2 berjuang keras lulus dengan IPK minimal 3. banyak ikhwah yang… duh, ironis sekali melihatnya. Sedih! Jagoan di kampus, tapi gak bisa bersaing di dunia kerja. Lihat mas D, karena IP nya kurang dari standar, beliau gak bisa nerusin ke Profesi. Padahal kan…mas D akan lebih berdaya guna buat ummat kalo misalnya jadi psikolog.. ya kan? Mba Fit tuh orangnya idealis, Ndra. Tapi kalau udah akademis, hmm…udah deh. Ikutin aja apa mau mereka (dosen2 –red). Bukannya gak idealis lagi ya. Tapi…gak papalah nurunin sedikit standar demi capaian yang lebih besar.“

Aku mengawang jauh dalam keluh.
Oh, idealisme….sebegitu tingginya-kah dikau sehingga teramat sulit kuraih? 😦

Lalu Mba Fit bicara lagi…

„Nah, udah gitu, kalo ngejawab soal tuh harus komprehensif. Misal, ditanya, kenapa kamu pake validitas konstruk? Kita jawabnya, validitas itu ada 3 jenis..ini..ini…ini. validitas A itu begini…kelebihannya ini, kekurangannya ini. Validitas B…dst. nah, saya memilih Validitas A karena begini..begini…“ . Jadi keliatan banget kalo kita menguasai apa yang kita kerjakan.“

Sidang? Bab 1 pun belum, Mba…

„Nah….menurut Mba Fit nih, Indra tambahin aja variabelnya. Jadi kamu gak cuma ngebandingin, tapi menghubungkan. Variabel yang mau diketahui pengaruhnya itu 2.“

„Mmm… kalo dikaitkan sama resiliency gimana, Mba?“ (resiliency adalah daya tahan menghadapi stress –red)

„Oiya…bagus itu. Resiliency itu ada 4 unsur. Pertama, ..bla..bla..bla… Kedua… bla..bla..bla…ketiga… dst“

„Lalu variabel ketiganya apa ya mba?“

„nah, kalo itu musti tanya2 lagi sama dosen klinis. Coba cari second opinion. Cari lagi teorinya. Psikologi itu kan arogansi teorinya besar banget. Jadi, skripsi itu terutama musti kuat bab 1 dan 2 nya. Masalah metodologi, insya allah bisa ngikutin aja. Kalo gak bisa yang ini, bisa pake yang ini…macem2. banyak solusi. Nah, dicoba aja…“

Hmhhh. Kuhela nafas berat.

„Gimana? Indra jadi tambah pusing, gak?“

„Euuh…iya sih… Mba Fit tuh jadi ngeberantakin semuanya.. Hehe.. tapi aku malah dapet insight baru…Gak papa sih..“

„Ya…maaf deh. Tapi mba Fit pikir…sayang aja kalo kamu cuma ngebandingin sholat wajib sama tahajud doang…trus udah. Coba deh masukin variabel lain. Ini kalo indra tetep mau kuantitatif ya, karena Mba Fit gak pernah bikin penelitian kuali.“

„Oke“. Sepertinya harus dibicarakan lagi dengan Pak Gagan. Sepertinya lagi, akan ada banyak perubahan.

Well…well…well.
Beberapa hari kemudian, aku bertemu Pak Gagan dan kuceritakan semua kejadian. Dan Pak Gagan lebih setuju dengan coping religius dan hubungannya dengan resiliency.
Jadi, skripsiku akan berjudul, „Hubungan Coping Religius dengan Resiliency dan …..“ Masalah variabel ketiga… Pak Gagan berujar.
„coba kamu baca-baca dulu yah. Ntar saya feedback aja.“

Sementara…
Mira melaju dengan verbatimnya.
Tika dengan analisa hasil wawancaranya.
Winna dengan ketikan-ketikannya.
Dan mereka bersiap mengajukan draft untuk sidang.

Tapi gak papa.
Aku sudah memilih.
Inilah jalanku.
Dan aku yang akan berjuang disini.
Sendiri.
Eh, gak deng.
Bersama Allah.
Semoga, selamanya.

Advertisements

6 thoughts on “Ujian Skripsi 3

  1. Asslm ukhti, beberapa menit yang lalu temen satu kajian rutin pekanan-ku membacakan tulusan anti di forum kami. Ketika sampai pertengahan dibaca, ane ngerasa..”Kok gue banget”. Kisah anti hampir persis dengan yang ane alami. Ane juga mahasiswi psikologi, tapi di UII Jogja. Boleh nggak ane kenalan sama anti,ini e-mail ane:ukhti_pandu@yahoo.com. Semoga ukhuwah ini akan semakin terjalin dengan kokoh meskipun tali itu baru saja tersambung dengan izin Alloh..ya..hanya atas aqidah inilah ukhuwah bisa terjalin.Jazaqllh khoir ukhti atas katarsisnya…:)Ane sangat mengharapkan anti mau mengirim e-mail ke ane, secepatnya ukhti…he..he..he.. afwan, maksa…:)

  2. Make no mistake: Our mission at Tip Top Equities is to sift through the thousands of underperforming companies out there to find the golden needle in the haystack. A stock worthy of your investment. A stock with the potential for big returns. More often than not, the stocks we profile show a significant increase in stock price, sometimes in days, not months or years. We have come across what we feel is one of those rare deals that the public has not heard about yet. Read on to find out more.Nano Superlattice Technology Inc. (OTCBB Symbol: NSLT) is a nanotechnology company engaged in the coating of tools and components with nano structured PVD coatings for high-tech industries.Nano utilizes Arc Bond Sputtering and Superlattice technology to apply multi-layers of super-hard elemental coatings on an array of precision products to achieve a variety of physical properties. The application of the coating on industrial products is designed to change their physical properties, improving a product’s durability, resistance, chemical and physical characteristics as well as performance. Nano’s super-hard alloy coating materials were especially developed for printed circuit board drills in response to special market requirementsThe cutting of circuit boards causes severe wear on the cutting edge of drills and routers. With the increased miniaturization of personal electronics devices the dimensions of holes and cut aways are currently less than 0.2 mm. Nano coats tools with an ultra thin coating (only a few nanometers in thickness) of nitrides which can have a hardness of up to half that of diamond. This has proven to increase tool life by almost ten times. Nano plans to continue research and development into these techniques due to the vast application range for this type of nanotechnologyWe believe that Nano is a company on the move. With today�s steady move towards miniaturization we feel that Nano is a company with the right product at the right time. It is our opinion that an investment in Nano will produce great returns for our readers.Online Stock trading, in the New York Stock Exchange, and Toronto Stock Exchange, or any other stock market requires many hours of stock research. Always consult a stock broker for stock prices of penny stocks, and always seek proper free stock advice, as well as read a stock chart. This is not encouragement to buy stock, but merely a possible hot stock pick. Get a live stock market quote, before making a stock investment or participating in the stock market game or buying or selling a stock option.

  3. I read over your blog, and i found it inquisitive, you may find < HREF="http://juicyfruiter.blogspot.com" REL="nofollow"> My Blog <> interesting. My blog is just about my day to day life, as a park ranger. So please < HREF="http://juicyfruiter.blogspot.com" REL="nofollow">Click Here To Read My Blog<>

  4. Good day !.
    You may , probably curious to know how one can manage to receive high yields .
    There is no need to invest much at first. You may commense to receive yields with as small sum of money as 20-100 dollars.

    AimTrust is what you need
    The company represents an offshore structure with advanced asset management technologies in production and delivery of pipes for oil and gas.

    Its head office is in Panama with structures around the world.
    Do you want to become a happy investor?
    That`s your choice That`s what you really need!

    I feel good, I began to take up income with the help of this company,
    and I invite you to do the same. If it gets down to choose a correct partner utilizes your money in a right way – that`s the AimTrust!.
    I take now up to 2G every day, and my first deposit was 1 grand only!
    It`s easy to join , just click this link http://oryvawopeb.ibnsites.com/muvafu.html
    and go! Let`s take this option together to become rich

  5. Hi !.
    You re, I guess , probably curious to know how one can manage to receive high yields .
    There is no need to invest much at first. You may commense earning with as small sum of money as 20-100 dollars.

    AimTrust is what you haven`t ever dreamt of such a chance to become rich
    AimTrust incorporates an offshore structure with advanced asset management technologies in production and delivery of pipes for oil and gas.

    Its head office is in Panama with offices everywhere: In USA, Canada, Cyprus.
    Do you want to become really rich in short time?
    That`s your choice That`s what you wish in the long run!

    I feel good, I began to take up real money with the help of this company,
    and I invite you to do the same. If it gets down to select a correct partner utilizes your money in a right way – that`s the AimTrust!.
    I make 2G daily, and my first investment was 500 dollars only!
    It`s easy to get involved , just click this link http://imacedek.jamminweb.com/cabybe.html
    and go! Let`s take our chance together to get rid of nastiness of the life

  6. Hello everyone!
    I would like to burn a theme at here. There is such a nicey, called HYIP, or High Yield Investment Program. It reminds of ponzy-like structure, but in rare cases one may happen to meet a company that really pays up to 2% daily not on invested money, but from real profits.

    For quite a long time, I make money with the help of these programs.
    I'm with no money problems now, but there are heights that must be conquered . I make 2G daily, and my first investment was 500 dollars only.
    Right now, I managed to catch a guaranteed variant to make a sharp rise . Visit my blog to get additional info.

    http://theinvestblog.com [url=http://theinvestblog.com]Online Investment Blog[/url]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s