Pancake Nyammy

bismillah.

eh… eh…
kemarin aku bikin pancake duonk… enak deh… bikinnya sore-sore…
apalagi kalo maemnya pake teh anget…
aku cuma liat dari majalah di perpus kampus. trus aku copy deh resepnya.
ada yang mau ikutan masak?
ni resepnya…..

PANCAKE

275 gr tepung terigu
375 ml susu kental
2 btr telur
1/2 sd teh garam
1/2 sdt backing powder
(aku tambahin vanila dikit biar wangi)

CARA MEMBUAT:
terigu, garam dan backing powder dicampur jadi satu.
trus tambahin telur sambil dikocok pake kocokan tangan (yg kayak spiral gitu lho).
nah, udah gitu masukin susunya dikit-dikit,
trus diaduk deh sampe rata.
kalo udah, siapin wajan teflon berdiameter 12 cm.
panaskan, tuang sedikit minyak, trus dimasak deh.
jadi, kan?

sebenernya di resep asli itu ada sausnya. namanya saus apel.
tapi berhubung aku males bikin saus apelnya (ditambah lagi di rumah juga kagak ada apel malang) so, aku ikutin deh isi meses dan keju kayak yg dijual di kantin kampus.


sekarang, siapin isinya.

tuangin susu kental (boleh coklat, vanila, atau strawberry)
trus ditaburin parutan keju, atau meses.
trus dilipat, dipotong-potong, dan…
dimakan deh.

gampang, kan?
memasak itu gampang, lho, teman2…
asal kita tau resepnya dan yg terpenting, punya ke-mau-an.
sepakat?

kemarin, waktu aku lagi ngopi resep dari majalah, seorang ikhwan senior gak sengaja ngeliat. dan dia tersenyum simpul sambil berkomentar,
“nah, gitu donk. akhwat harus bisa masak. jangan pas udah mau “itu” baru belajar”
aku mengeryitkan dahi. maksud?!
dan dia beranjak pergi sambil meninggalkan pesan.
“bilangin tuh sama ibu-ibu yang laen, belajar masak dari sekarang. jangan udah “itu” baru mau masak”.
dahiku semakin berkerut.
yey….. gender….

fitrahnya wanita emang ke dapur dan urusan rumah tangga.
tapi siapa juga yg ngelarang kalo ikhwan bisa masak? ya gak sih?

aku jadi inget temenku, ikhwan di fak lain yang jago bikin bolu coklat.
atau seniorku di psiko yg gape bikin capcay.
atau om-ku yang megang mixer sendiri waktu mau bikin ice cream.
atau seorang ikhwan yg menjelang nikahnya mau belajar masak sayur asem.
sayangnya, ikhwan yg jago bikin bolu coklat ini sempet minder gara2 doyan masak dan jadi mirip kayak akhwat.
so what gitu lho??? ujarku padanya.
justru antum harus bangga punya kelebihan dibanding ikhwan lain. ya, kan?

so, (calon) ibu-ibu dan bapak-bapak, belajarlah memasak dari sekarang.
ntar kita tukeran resep yach!
selamat memasak! ^_^

Advertisements

One thought on “Pancake Nyammy

  1. kok masaknya ga ngajak2 seh??? lain kali kasitau dulu di mading fak psi atawa asrama ui, aku mo ikut hae? nanti kan bisa traktir teman, makan bareng gitu loh? iya ga? slam dari teman baru….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s